Cyberbullying, Dapatkah Dipidana ?


Kemajuan dan perkembangan zaman menghantarkan pada sebuah dunia tanpa batas. Dunia yang satu sama lain dapat terakses dan diketahui dalam sekali klik. Hal tersebut karena pesatnya perkembangan Teknologi Informasi yang seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat modern saat ini. Salah satu kontributor terbesar dalam dunia teknologi Informasi Ialah Internet. Berdasarkan data resmi Kemenkominfo per tahun 2014, pengguna internet di Indonesia mencapai 75,57 juta orang dan telah mencapai 82 juta orangdimana hampir 50% penggunanya adalah remaja berusia 15 – 22 tahun.

Peran internet tak bisa lepas dari berbagai kalangan manusia modern yang terkecuali adalah kalangan remaja.Remaja sebagai salah satu pengguna internet terbanyak, tidak kan terlepas dari Media Sosial. Sebut saja Facebook, Twitter, LINE, Instagram, Whats app, Path dan masih banyak lagi jenis akun media Sosial yang sudah menjadi bagin dari gaya hidup remaja. Internet termasuk Media Sosial juga bagaikan pisau bermata dua yang memiliki sisi positif maupun negatif. Di satu sisi keuntungan dan manfaat nya untuk mempermudah manusia dalam menjalani berbagai pekerjaan. Di sisi lain, ada banyak hal-hal negatif lain yang menyertai Internet itu sendiri. Salah satu dampak negatif ialah terjadinya berbagai tindak kriminal, mulai dari yang paling sederhana sampai yang baru muncul akibat adanya dampak internet sendiri. Salah satu tindak kejahatan yang sedang marak terjadi di Media Sosial adalah Cyberbullying.

Hinduja & Patchin (2009), dan Smith, dkk (2008) mengadaptasi definisi bullying dari Olweus, dimana Cyberbullying adalah perilaku agresif, intens, berulang yang dilakukan oleh individu dan perorangan dengan menggunakan bentuk – bentuk pemanfaatan teknologi dan eletronik sebagai media untuk menyerang orang tertentu. Di dalam undang-undang sendiri tidak ada istilah Cyberbullying. Hanya saja, di dalam pasal 27 ayat (3) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (UU ITE) istilah Cuberbullying diartikan dengan Perbuatan Penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Pasal ini juga telah dilegitimasi dengan adanya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 14/PUU-VI/2008 bahwasannya apa yang dimuat dalam pasal 27 ayat (3) UU ITE bukanlah norma hukum yang berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dan sejalan dengan apa yang telah ditur di dalam pasal 310 dan 311 KUHP.

Adapun Perbuatan Penghinaan dan Pencemaran nama baik yang dalam hal ini khususnya adalah Cyberbullying diatur dalam KUHP adalah sebagai berikut :

  • Pencemaran secara Lisan (pasal 310 ayat (1) KUHP)
  • ¬†Pencemaran Secara tertulis (pasal 310 ayat (2) KUHP)
  • Fitnah (pasal 311) KUHP)
  • Menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan di muka umum tulisan atau gambaran yang berisi penghinaan, dengan maksud dupaya isi surat atau gambar itu diketahui atau lebih diketahui oleh umum (Pasal 321, Pasal 137, Pasal 155, Pasal 157 KUHP)

Pasal mengenai Penghinaan dan/atau Pencemaran nama baik menempatkan hak ini dalam suatu delik aduan. Dimana, dalam pasal 45 UU ITE disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap pasal 27 ayat (3) UU ITE tersebut akan diganjar dengan pidana penjara paling lama 6(enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)

Jadi, dalam menggunakan berbagai bentuk Teknologi Informasi haruslah sebijak mungkin. Gunakan kata-kata yang baik, dan bedakan antara Penghinaan dengan Kritikan. Jika ingin menyampaikan suatu kritikan, berikan masukan dan saran yang membangun. Bijak dalam berpikir, bijak dalam berkata, dan bijak dalam bertindak adalah cerminan remaja cerdas, generasi penerus Bangsa Indonesia. (HS)

—————————————————————————————————————————————————————————-
Sumber :
1. KUHP
2. UU No. 11/ 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik
3. Putusan MK No. 14/PUU-VI/2008
4. http://www.jurnalkommas.com/docs/JURNAL%20-%20FIX.pdf


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
CalonSH
Calonsh.com as the biggest Indonesian law students' online forum in Indonesia is ready to give high dedication and contribution to the country in developing of law issues. Through simple and creative content but the ones which are educational and knowledgeable, we share accurate education, information, news and solution of law.

Comments 1

Cyberbullying, Dapatkah Dipidana ?

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles