11 Alasan Kamu Harus Ikut MCC


Jika kamu adalah seorang mahasiswa hukum, kamu mungkin sudah paham dengan kompetisi Mootcourt atau peradilan semu. Jika tidak, penulis akan memberikan informasi tentang moot court kepada teman-teman CSH.

Kata ‘moot’ secara harfiah berarti menolak sebuah opini, bendapat atau beragumentasi. Moot Court Competition adalah sebuah peradilan tiruan dari kasus hipptesis yang mana mahasiswa hukum berpartisipasi seperti halanya advocate di hadapan para hakim.

Tanpa basa basi, berikut adalah 10 alasan kenapa setiap mahasiswa hukum harus berpartisipasi dalam moot court competition!!!

 

  1. Kamu akan tau gimana rasanya (hampir menjadi) pengacara

Peradilan semu memerlukan kehadiran kamu untuk mewakili salah satu pihak dalam sebuah kasus, dan saat itulah kamu harus berperan ‘pura-pura’ seorang pengacara.┬áKamu akan mendapatkan kasus dan client terlebih dahulu dan kamu akan tau bagaimana rumitnya untuk memecahkan kasus tersebut.

  1. Membongkar kasus dan ahli di beberapa area hukum

Biasanya, hampir semua Moots fokus di beberapa area hukum, seperti International Arbitration Moot, International Humanitarian Law Moot Court Competition, International Clients Consultant Competition, Phillip Jessup Moot Court Competition, dan juga termasuk semua lomba peradilan semu nasional. Dengan berjalannya waktu riset di area hukum tersebut, kamu akan tau hampir semua pasal-pasal di luar kepala dan hukum-hukum yang berkaitang dengan pasal tersebut. Pengetahuan kamu bahkan lebih matang dari tan-teman kelasmu yang belum pernah ikut di Moot Court

  1. Team work dan pengalaman

Hal pertama dan komponen penting untuk kesuksesan moot court adalah kerja sama dan kekompakan tim. Ketika kamu sedang menyelesaikan sebuah kasus, kamu akan menyadari kamu tidak bisa menyelesaikannya sendirian! Semua argumentasi dan perbedaan opini akhirnya akan menghasilkan pendapat yang sempurna. Selama proses persiapan, kamu dan timmy akan mengahabiskan banyak waktu bersama-sama, siang dan malam. Ketika kompetisi usai, kamu akan merindukan kumpul-kumpul bersama, bahkan mungkin banyak juga yang cinlok.

  1. Melatih skill penulisan pembelaan

Kamu akan melatih skilmu dalam format penulisan pembelaan. Kamu akan tau seluruh settingan apa saja yang di perlukan di ms. Word. Lebih penting lagi kamu akan paham bagaimana berbicara seperti pengacara setelah kamu menjadi pandai di bahasa hukum. Hasil pemberkasan atau pembelaan akan menjadi simbol dari ketekunanmu.

  1. Menambah skill advocacy secara lisa

Guys, bagus di public speaking atau kamu seorang debater yang keren tidak menentukan kamu juga bagus di moot court. Ketika kamu di hadapan hakim, kamu akan menyadari bahwa berbicara di depan hakim dan berbicara di depan orang banyak adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Para hakim akan menggali terus menerus akan materi yang kamu bawakan, dan tugas mu adalah menjawab dengan tenang dan pasti. Moot court akan menyiapakan dan mentraining kamu bagaiman cara yang lebih baik untuk kamu agar tidak malu dan membuat kesalahan di peradilan yang sesungguhnya.

  1. Time Management

Dengan jadwal kuliah yang padat, akan membuatmu kebingungan bagaiman membagi waktu yang tepat antara kuliah dan lomba. Dengan berpartisipasi di moot court waktu di luar kuliahmu tidak terbuang percuma dan tidak menjadi mahasiswa Kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang.

  1. Networking

Kebanyakan dari moot court di hadiri oleh partisiapasi dari banyak negara, kususnya international moot court. Disinilah kamu akan belajar banyak bagaiman berinteraksi dan berkomunikasi dengan participants lain, disinilah kesempatan kamu memperluas koneksi kenalanmu dari luar indonesia dan siapa tau akan mendapatkan sebuah tawaran beasiswa atau magang dari lawfirm terkemuka baik di luar mapun di dalam indonesia.

  1. Mengunjungi tempat yang baru

Terlebih bagi kamu yang berpartisipasi di international moot court dan dapat kesempatan untuk tampil di luar negeri, ini lah kesempatan explore new places! Setelah momen-momen yang keras ketika latihan, dan lomba tidak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat baru disekitar venue lomba, ibarat kata “sambil berenang minum air” take a break and enjoy the adventures.

  1. Pengalaman seumur hidup

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Dengan ikut lomba moot court, kamu akan mengalami semua persiapannya, dari drafting, written submissions, latihan oral, sampai hari H lomba, serta ketemu teman-teman baru. Moot court competition tidak seperti lomba sports yang bisa di lakukan di banyak waktu, moot court competition hanya bisa di lakukan oleh mahasiswa hukum, oleh sebab itu, selagi masih jadi mahasiswa let go and try!

  1. Memungkinkan untuk karir kedepan

Kita tidak pernah tau kita akan jadi apa nanti setelah tamat kuliah, yang penting kita sudah menyiapkan segala hal untuk mengejat impian kita. Mana tau dari moot court competition inilah sebagai basic untuk kita mencapai impian kita seperti ingin menjadi pengacara. Sehingga dengan berpartisipasi di lomba ini kita sudah mengasah sedikit demi sedikit skill kita dalam beradvokasi

 

it is for you, and if it is not, at least you can eliminate it from the long list of career options.


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
1
Cute
Damn Damn
2
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
2
Like
Lol Lol
2
Lol
Love Love
2
Love
Win Win
2
Win
WTF WTF
2
WTF
Ratu Wulandari
Mahasiswa tingkat 3 Fakultas Hukum Prodi hukum Internasional Universitas Islam Indonesia.Sering mengikuti berbagai kompetisi International Moot Court dan MUN.

Comments 0

11 Alasan Kamu Harus Ikut MCC

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles