Permasalahan Hukum yang dapat Timbul ketika Bermain Pokemon Go


Pokemon Go merupakan salah satu fenomena dunia yang cukup menyita perhatian. Dikarenakan, terdapat keunikan yang di ciptakan oleh game tersebut. Keunikan tersebut ditunjukkan dengan penggabungan dunia virtual dan dunia nyata yang melibatkan pemainnya. Lantas, apakah ada suatu kemungkinan permasalahan hukum yang muncul terhadap pemainnya ketika memainkan Pokemon Go?

Pokemon Go, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Berita tentang Pokemon Go, telah banyak diliput oleh media-media massa tentang sejarahnya, bagaimana cara memainkannya, bagaimana kah dampak sosialnya terhadap masyarakat, serta masalah-masalah yang dapat ditimbulkan atas game tersebut.

Sekilas, Pokemon Go merupakan sebuah game mobile yang berbentuk augmented reality. Game mobile yang dimaksud adalah dimainkan di handphone atau lebih spesifiknya yaitu smartphone. Pokemon Go juga dapat dimainkan di laptop tetapi dengan cara-cara tertentu, Augmented Reality maksudnya, adalah Pokemon Go merupakan game yang menyatukan antara dunia digital dan dunia nyata. Perpaduan tersebut dengan basis yang digunakan yaitu Global Positioning System (GPS). GPS juga sudah tidak asing terdengar, intinya sebuah bentuk map digital yang nantinya para penggunannya juga dapat mengetahui lokasinya sesuai dengan aslinya. Ketika kita mengingat google maps, atau wazze maka itu salah satu aplikasi yang berbasis dari GPS tetapi disini aplikasinya adalah game Pokemon Go.
Pokemon Go melibatkan juga dunia asli seperti berbentuk map sesuai dengan lokasi asli. Maka disini, Pemain dituntut untuk mendatangi lokasi asli yang ditampilkan dimap Game untuk menangkap pokemon atau mendatangi poke shop. Dengan begitu maka pokemon shop dikatakan sebagai Augmented Reality.

Lalu dimana kah letak permasalahan hukum yang mungkin terjadi?

Dengan melibatkan pemainnya untuk turun langsung ke lokasi yang ditampilkan dalam map game, maka disini akan terdapat beberapa masalah hukum menurut penulis yang dapat ditimbulkan.

Pertama, Ketika pokemon berada di pekarangan orang ataupun di dalam rumah seseorang. Tidak menutup kemungkinan seekor pikachu akan bersarang di pekarangan seseorang atau bahkan berada di dalam rumah seseorang walaupun biasanya terdapat jangkauan yang cukup jauh untuk menangkap pokemon. Akan terdapat beberapa pemain yang akan berambisi untuk mengabil pokemon tersebut apalagi ditambah dengan bagusnya kualitas pokemon. Dalam pasal 167 ayat (1) KUHP berbunyi: “Barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum atau berada di situ dengan melawan hukum, dan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak Rp4.500.000,-.

Dari pasal tersebut dapat diambil kesimpulan sederhana, bahwa ketika pokemon tersebut berada di pekarangan orang lain maka disini dibutuhkan sebuah izin, agar tidak akan bersifat memaksa ketika memasuki pekarangan orang lain, dan jika tidak diizinkan dan disuruh untuk pergi maka diindahkan jika tidak akan melanggar ketentuan pidana.

Kedua, Bermain pokemon “pada saat” mengemudi kendaraan bermotor. Terdapat beberapa pemain yang memainkan pokemon sambil mengendarai kendaraan bermotor, mungkin pokemon bagus terdapat dijalan yang dilewati. “Pada saat” mengendarai kendaraan yang dimaksud adalah, ketika mengendarai kendaraan bersamaan juga dengan memainkan pokemon. Disini menurut penulis terdapat ketentuan hukum yang dilanggar jika dilakukan dalam pasal 106 ayat (1) yang intinya mengatakan bahwa setiap orang wajib untuk mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan Penuh konsentrasi. Poin penting dalam pasal tersebut kaitannya dengan permasalahan, adalah ketika bermain pokemon dan bersamaan juga dengan mengemudikan kendaraan bermotor maka disini, konsentrasi pengemudi tidak penuh dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan terbaginya fokus pengendara antara bermain pokemon dengan mengendarai kendaraan bermotornya. Dengan frase wajib tersebut, memberikan makna untuk mentaatinya.

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

Permasalahan Hukum yang dapat Timbul ketika Bermain Pokemon Go

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles