Delik Penistaan terhadap Agama


Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian yang berkaitan dengan penghinaan agama. Entah hal itu merupakan framing media tertentu atau bukan, hal tersebut biasanya cepat menjadi sebuah trending topic di era digital seperti ini terutama di Indonesia. Viral di Facebook bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dianggap telah melecehkan ayat suci Al-Quran terkait pernyataannya soal surat Al-Maidah.

Kasus penistaan terhadap agama di Indonesia, saat ini masih mengacu kepada UU No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama (“UU 1/PNPS/1965”). Pasal 1 UU 1/PNPS/1965 menyatakan bahwa:
“Setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan dan mengusahakan dukungan umum, untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan keagamaan dari pokok-pokok ajaran agama itu.”

Penjelasan Pasal 1 UU 1/PNPS/1965 tersebut menyatakan bahwa agama-agama yang dipeluk oleh penduduk Indonesia secara resmi dan diakui ialah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khong Hu Cu. Tetapi hal tersebut bukan berarti agama-agama lain seperti Shinto, Tao, dan Yahudi dilarang di Indonesia. Agama-agama tersebut tetap dijamin sepanjang tidak bertentangan dan melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Jika ada orang atau kelompok yang melanggar perundang-undangan tersebut, akan diberi perintah dan peringatan keras untuk menghentikan perbuatannya tersebut melalui Surat Keputusan Bersama (“SKB”) Menteri Agama, Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri. Apabila hal tersebut dilanggar oleh organisasi atau aliran kepercayaan maka Presiden Republik Indonesia dapat membubarkan atau menyatakan bahwa aliran atau organisasi tersebut terlarang setelah mendapat pertimbangan dari Menteri Agama, Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri.

Bila tetap masih tersjadi pelanggaran terhadap Pasal 1 UU 1/PNPS?1965 setelah tindakan diatas telah dilakukan maka setiap orang yang bersangkutan dengan aliran tersebut bisa dipidana dengan pidana penjara maksimal 5 tahun. Selain itu, telah ditambahkan pasal baru ke dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) yaitu, Pasal 156a yang berbunyi:
“Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya 5 tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:

  • Yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
  • Dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.”

(Mantan) Jaksa Agung Hendarman Supandji pernah menjelaskan bahwa Pasal 156a KUHP tersebut baru bisa efektif setelah ada pembahasan dalam forum Badan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Keagamaan (“Bakor Pakem”). Forum ini terdiri dari Kementerian Agama, Kejaksaan, Kepolisian, Badan Intelijen Negara (BIN) serta tokoh masyarakat yang menetapkan suatu aliran dinyatakan sesat.

Apabila setelah dilarang dan dinyatakan sesat, tetapi masih aliran itu masih berjalan maka Pasal 156a KUHP sudah bisa digunakan. Namun apabila belum masuk dalam forum Bakor Pakem dan prosedur tersebut juga belum dijalankan, maka hal tersebut belum bisa masuk ke dalam Pasal Penodaan Agama ini.


Dasar hukum:
1. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana;
2. Undang-Undang No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?

What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
CalonSH
Calonsh.com as the biggest Indonesian law students' online forum in Indonesia is ready to give high dedication and contribution to the country in developing of law issues. Through simple and creative content but the ones which are educational and knowledgeable, we share accurate education, information, news and solution of law.

Comments 1

Delik Penistaan terhadap Agama

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles