Elza Syarief


Perempuan kelahiran Jakarta 24 juli 1957 yang hingga kini dikenal oleh semua orang adalah Elza Syarief. Elza Syarief  merupakan mahasiswa lulusan Fakultas Universitas Jayabaya, Jakarta. Pada masa kecil Elza terkenal sebagai anak yang pendiam. Ayahnya seorang pegawai bank pemerintah dan sering berpindah-pindah tugas, yang menyebabkan pendidikan  Elza pun berpindah-pindah. Dalam kesehariannya, Elza lebih sering menghabiskan waktu dengan belajar dan membaca, disamping itu ia memiliki kesukaan dalam hal memasasak, karena memiliki hobi memasak ia pun pernah ikut dalam program kursus kue. Dari hobinya dalam memasak ia pernah membuka usaha catering dan salon yang ia jalani.

Awal karier Elza Syarif ketika saat pertama kali menjadi pengacara adalah dengan menangani kasus PHK masal satpam Telkom kala itu.  Dalam perjalanan karirnya ia memulai bergabung dengan Ikatan Warga Satya, yaitu kumpulan mantan CPM maupun POM AD. Lalu berpindah-pindah dari kantor Pengacara Palmer Situmorang SH, ke Kantor Pengacara OC Kaligis, SH. Pada Kantor OC Kaligis, Elza Syarief pernah menjabat sebagai Direktur Pidana pada tahun 1988-1991. Pada akhir 1991 Elza memutuskan untuk membuka kantor sendiri, dengan nama Elza Syarief dan Partner. Pada kali ini ia banyak menangani kasus-kasus Korporat besar, terutama perusahaan milik keluarga Soeharto kala itu. Perusahaan yang pernah ditanganinya kala itu adalah Mandala Permai, Citra Nasional, Timor Motor, Timor Industri Complement, Mandala Citra Unggulan, dan Humpuss. Pembawaan yang tenang dan simpatik, serta pengacara yang berpengalaman, yang membuat ia menjadi pengacara kepercayaan keluarga Soeharto waktu itu.

Adapun rekam jejaknya dalam ranah hukum dilakukan dengan menempuh pendidikan Program Magister dan Doktoral yang ia lanjutkan di Universitas Padjajaran Bandung. Dengan Program Magister Business Law pada tahun 2003 dan Program Doktoral Civil Law pada tahun 2009. Serta berbagai pendidikan lawyer yang telah ia peroleh antara lain Lawyer Certificate, Advocate Certificate, Corporate Lawyer Certificate, dan Capital Market Law Certificate, serta pengalaman organisasi yang mumpuni.

Selain menjadi advokat korporat besar, Elza juga terkenal dalam menangani kasus-kasus selebritis di tanah air. Terbukti sederet artis yang pernah memakai jasa Elza Syarief sebagai Lawyernya adalah Maia Estianty, Sheila Marcia, Tamara Blesyzynski, Cut Memey dan Ratu Felisha. Pada Pilpres 2014 lalu ia juga menjadi anggota advokat Tim Merah Putih yang mengajukan gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi.

Tentu kiranya wanita ini dapat dijadikan panutan khususnya mahasiswi hukum diseluruh tanah air, karena beliaulah salah satu pengacara wanita yang terbaik ditanah air yang tentunya jadi pantuan kita semua secara umum dalam menegakan hukum di Indonesia.

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

Elza Syarief

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles