MENGENAL KONSENTRASI YANG ADA DI FAKULTAS HUKUM


Mahasiswa fakultas hukum baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan istilah “Konsentrasi” atau “ peminatan” atau “program kekhususan” atau istilah lain yang dimiliki oleh masing-masing fakultas hukum di Indonesia. Dimana konsentrasi ini penting bagi mahasiswa semester 5 (lima) atau yang ditentukan lain oleh masing-masing fakultas hukum di Indonesia dan tiada satu pun mahasiwa fakultas hukum yang tidak memilih konsentrasi, peminatan, program kekhususan dalam proses belajar di strata 1 (S1) Fakultas Hukum. Namun, sering sekali mahasiswa hukum saat tiba waktunya untuk memilih konsentrasi mengalami kegalauan yang berkepanjangan, biasanya hal ini dilatarbelakangi oleh pandangan dan keinginan-keinginan di masa mendatang oleh karenanya penulis mencoba untuk memberikan gambaran konsentrasi yang ada secara umum di fakultas hukum yakni Perdata, Pidana, dan HTN.

Konsentrasi hukum perdata atau bisnis. Sebelum mengenal konsentrasi hukum perdata terlebih dahulu mahasiswa fakultas hukum mengetahui apa itu hukum perdata?. Fuady, munir dalam bukunya konsep hukum perdata (2015;1), yang dimaksud hukum perdata adalah seperangkat/kaidah hukum yang mengatur perbuatan atau hubungan manusia/badan hukum perdata untuk kepentingan para pihak dan pihak-pihak lain yang bersangkutan dengannya tanpa melibatkan kepentingan publik/umum/masyarakat yang lebih luas. Dalam konsentrasi hukum perdata secara umum mata kuliah yang akan kita pelajari ialah;  pengembangan hukum keperdataan, hukum ekonomi, hukum pasar modal dan investasi, hukum perbankan, hukum HAKI, Contract Drafting. Dikonsentrasi ini dapat membantu bagi kamu yang bercita-cita bekerja sebagai notaris atau pihak legal, corporate lawyer, notaris.  

Konsentrasi Hukum Pidana.Hukum pidana. Sebelum mengenal konsentrasi hukum pidana terlebih dahulu mahasiswa fakultas hukum mengetahui apa itu hukum pidana?.menurut Sudarsono, Pengertian Hukum Pidana adalah hukum yang mengatur tentang kejahatan dan pelanggaran terhadap kepentingan umum dan perbuatan tersebut diancam dengan pidana yang merupakan suatu penderitaan. Dalam konsentrasi hukum pidana secara umum mata kuliah yang akan kita pelajari ialah; Hukum Pidana, Kriminologi, Kejahatan Korporasi. Kriminalistik, Victimologi dan Penologi. Dikonsentrasi ini dapat membantu bagi kamu yang bercita-cita bekerja sebagai  advokat, jaksa, polisi, atau oditur militer.

Konsentrasi Hukum HTN ( Hukum Tata Negara). Sebelum mengenal konsentrasi hukum HTN terlebih dahulu mahasiswa fakultas hukum mengetahui apa itu HTN?. Ibrahim dan Kusnardi dalam bukunya pengantar hukum tata negara, hukum tata Negara dirumuskan sebagai sekumpulan peraturan hukum yang mengatur organisasi dari pada negara, hubungan antar alat perlengkapan Negara dalam garis vertikal dan horizontal, serta kedudukan warga Negara dan hak-hak azasinya. Dalam konsentrasi HTN secara umum mata kuliah yang akan kita pelajari ialah;  Hukum Administrasi dan Tata Negara, Hukum Konstitusi, Hukum Negara dan Demokrasi, Kebijakan Publik dsb. Dikonsentrasi ini dapat membantu bagi kamu yang bercita-cita bekerja sebagai di tata pemerintahan seperti bekerja di biro hukum, perpajakan, bidang pertanahan, dan perizinan.

Selain ketiga konsentrasi tersebut yang secara umum ada di fakultas hukum di Indonesia, masih terdapat pilihan konsentrasi lainnya yang lebih spesifik. Ketersedian konsentrasi biasanya bergantung dimana kamu belajar menempuh pendidikan hukum pertama (SH) , dan tidak semua fakultas memiliki konsentrasi atau program kekhususan yang sama antar fakultas hukum yang satu dengan yang lainnya, namun pada akhirnya title yang akan diperoleh oleh mahasiswa hukum ialah S.H tidak ada kekhususan S.H pidana, S.H perdata atau lainnya.


Referensi :

  • Fuady,Munir. 2015. Konsep Hukum Perdata. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Ibrahim, Harmaily dan Kusnardi. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: PT Sastra Hudaya.
  • http://widyagama.ac.id/ilmuhukum/profile/konsentrasi-program/
  • http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt51de4d867a230/galau-memilih-jurusan-di-fakultas-hukum

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?


What's Your Reaction?

Cry Cry
1
Cry
Cute Cute
4
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
14
Like
Lol Lol
1
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Lytha Dayanara Hutagalung
Berstatus sebagai mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Aktif dalam beberapa organisasi intra kampus yakni UKM Debat FH Unnes menjabat sebagai Kordinator Pemateri, Private Commercial Law Community dan Putri Kampus FH Unnes (papika) 2014-2016 . Penulis juga pernah mengikuti beberapa kompetisi Legal Drafting dan Debat. Minat penulis adalah pada bidang hukum khususnya Hukum perdata dagang.

Comments 8

  1. Mau menambahkan informasi saja, tidak semua universitas mengharuskan mahasiswa mengambil peminatan, beberapa universitas tidak memiliki program peminatan, sehingga mahasiswa diwajibkan untuk mempelajari semua peminatan secara garis besar.

    1. Hallo syahwal terimakasih atas pertanyaannya. Dalam konteks mengapa penting konsentrasi saya hanya ingin menyampaikan bahwa dgn adanya konsentrasi dalam fakultas hukum pandangan & keinginan calon S.H di masa yg akan datang akan lebih terarah dikarenakan ilmu yg dipilih dlm konsentrasi tersebut akan menghantarkan saudara lebih memahami serta mengerti lebih dalam lagi.

Masuk ke akun Anda

Don't have an account?
Daftar menjadi member baru

Reset Password

Daftar menjadi member baru

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles