5 Aktivitas Anak Hukum, Kamu Yang Mana ?


Kalau anak saintek suka pratikum, anak olahraga suka latihan, anak hukum suka apa dong? Ini jawabannya!

DEBAT

                              Via : liputanlima.com

Bukan hal baru kalau anak hukum selalu suka berdebat. Jangan salah, anak hukum merupakan pendebat ulung. Tentunya dengan didukung dengan landasan yuridis normatif yang menyertainya. Debat terdiri atas beberapa sesi. Pembicara dari tim yang berbeda akan mengungkapkan argumentasi secara bergantian. Di dalam debat terdapat istilah mosi, apa itu mosi? Mosi adalah topik yang akan dibicarakan saat berlangsungnya debat nanti. Tentunya dalam mosi tersebut nantinya akan terdapat dua kubu, kubu pro dan kontra. Wah seru kan ?

Moot Court atau Peradilan Semu

                             Via : www.detikriau.org

Bukan hanya jawaban doi yang bisa semu, peradilan juga ada yang semu lho. Gak percaya? Peradilan semu atau moot court merupakan perwujudan konkret dari praktek beracara di pengadilan. Segala macam pernak-pernik proses peradilan ada disini. Membuat berkas pemeriksaan hingga berkas putusan sudah termasuk paket komplit disini. Buat kamu yang pengen jadi Hakim, Jaksa, Panitera bisa banget! Kamu bisa memerankan berbagai peran di moot court ini.

Legal Drafter

                            Via : www.opengateitaly.com

Buat kamu yang suka menulis ini tempatnya! Legal Drafter adalah seseorang atau kelompok yang memiliki kemampuan untuk membuat draft peraturan. Legal Drafter ini nantinya akan membuat berbagai draft peraturan, antara lain: (1) Legislative Drafting yaitu draft peraturan yang merupakan produk hukum dalam wujud undang-undang. Fungsinya selain membuat juga merubah undang-undang yang sudah ada, (2) Constitutional Drafting yaitu draft peraturan yang merupakan produk hukum dalam wujud Undang-Undang Dasar, dan (3) Contract Drafting yaitu draft peraturan yang merupakan produk hukum dalam wujud perjanjian. Buat kamu yang suka membuat janji-janji yang pasti, bisa mencoba yang satu ini.

Lembaga Bantuan Hukum

Via : http://lbhmakassar.org/

Buat anak hukum yang sudah mumpuni dan berminat untuk menjadi advokat, ini dia tempatnya! Tak jarang dalam sebuah Fakultas Hukum mendirikan sebuah LBH (Lembaga Bantuan Hukum) yang memiliki visi memberikan bantuan terhadap proses hukum, khususnya bagi kalangan menengah ke bawah. LBH ini terkadang juga membuka anggota yang berasal dari mahasiswa-mahasiswanya agar dapat belajar menjadi advokat. Keren kan? Jadi punya pengalaman jadi advokat.

Karya Tulis

Via : www.huffingtonpost.com

Eits meskipun karya tulis umumnya menjadi hobi tidak hanya kalangan mahasiswa hukum, tetapi hobi satu ini tidak kalah kerennya. Berbagai artikel dari karya tulis yang telah melahirkan berbagai pemikiran-pemikiran baru tentang hukum. Analitis dan kritis merupakan tipe penulisan yang sangat teruji bagi anak hukum. Masih penasaran? Yuk bergabung disini!

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
1
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
1
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

5 Aktivitas Anak Hukum, Kamu Yang Mana ?

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles