Najwa Shihab


Siapa yang tidak kenal dengan Najwa Shihab? wanita cerdas yang kian popular dan hampir setiap hari  tampil di pertelevisian dengan menghadirkan topik-topik menarik untuk diperbincangkan dengan cara dan gaya bicaranya yang khas mengundang ketertarikan dan manfaat bagi para pemirsa.

Najwa Shihab atau yang akrab di panggil nana ialah putri kedua Quraish Shihab (Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII ) lahir di makasar 16 september 1977. Sejak kecil nana hobi sekali belajar dan membaca bahkan nana mengakui saat kecil hadiah ulang tahunnya selalu voucer di sebuah toko buku terbesar di Indonesia, hal ini dikarenakan faktor keluarganya yang sangat peduli dengan pendidikan tetapi tidak otoriter. Terbukti dengan hobinya tersebut sejak kecil nana telah berprestasi dibidang akademis, juara puisi hingga tingkat nasional, Semasa Sekolah menengah atas (SMA) terpilih mengikuti program AFS (pertukaran pelajar selama 1 tahun di Amerika), bahkan nana masuk di Fakultas Hukum Universitas Indonesia tanpa melalui tes.   

Menjadi seorang Mahasiswi FH UI, nana terkenal sebagai aktifis kampus, berbagai organisasi nana ikuti puncaknya saat nana terpilih menjadi deputi sekjen ALSA ( Asean Law Student’s Association). Saat belajar hukum di FH UI nana memiliki keinginan menjadi hakim anak, namun menjelang akhir kuliahnya sembari menulis skripsi nana jatuh hati pada dunia jurnalistik, hal ini terjadi begitu saja saat ia magang kerja di RCTI sebagai jurnalis.

Dalam dunia jurnalis, nama nana mulai terkenal saat ia meliput dan memberikan laporan keadaan Aceh yang dilanda bencana tsunami pada tahun 2004. Liputan dan laporan nya yang diwarnai pro dan kontra di kalangan jurnalis disebabkan ia tak kuasa menahan tangis saat melaporkan kondisi Aceh  justru dinilai memberi andil untuk membantu masyarakat korban tsunami mendapatkan akses bantuan dari masyarakat luas. Bahkan atas liputan nya tersebut nana menuai penghargaan di dunia jurnalistik yakni penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya (2005). Karier jurnalistik nana semakin meningkat saat nana memutuskan untuk bergabung sebagai pembawa acara dan wartawan stasiun Metro TV. Sejak saat itu berbagai penghargaan diperoleh nana yakni, PWI Jaya Award (2005), Jurnalis terbaik Metro Tv (2006), pembaca berita paling tervavori dalam Panasonic awards (200, 2009, 2010, 2011), nominasi 5 besar ajang Asian Television Awards kategori Best Current Affairs, Full Scholarship for Australian Leadership Awards (2008), Young Global Leader (YGL) 2011dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss, penghargaan terbaik Asian Televison Awards (ATA) 2007,2009, 2011.

Namun, walau nana telah memutuskan untuk masuk kedalam dunia jurnalistik sikap kritisnya terhadap penegakan hukum di Indonesia tidak hilang begitu saja, sikap kritisnya atas penegakan hukum ia lakukan dengan menjadi wakil suara publik saat melakukan dialog dalam programnya. Nana mengaku bahwa setiap talkshow nya ia ingin mengajak orang untuk bersikap kritis atas informasi yang ia gali, kehadiran pemirsa yang kritis menjadi penting untuk mengkritik juga mengawal penegakan hukum serta kebijakan-kebijakan pemerintahan di Indonesia.


Referensi

http://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2014/03/140307_bincang_najwa_shihab

http://bio.or.id/biografi-najwa-shihab/

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
1
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
Lytha Dayanara Hutagalung
Berstatus sebagai mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Aktif dalam beberapa organisasi intra kampus yakni UKM Debat FH Unnes menjabat sebagai Kordinator Pemateri, Private Commercial Law Community dan Putri Kampus FH Unnes (papika) 2014-2016 . Penulis juga pernah mengikuti beberapa kompetisi Legal Drafting dan Debat. Minat penulis adalah pada bidang hukum khususnya Hukum perdata dagang.

Comments 0

Masuk ke akun Anda

Don't have an account?
Daftar menjadi member baru

Reset Password

Daftar menjadi member baru

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles