Ada Gak Sih Aturan Hukum Soal Bermain Bola Dijalanan ?

Kata orang, masa kecil adalah masa yang paling bahagia. Belum banyak tugas, pulang sekolah kerjaannya tinggal main ama anak-anak, tontonannya yaa Spongebob atau engga Doraemon, nyolong mangga tetangga (ini jangan ditiru yak wkwk), dan cerita lainnya. Kalau ngomongin soal masa kecil, salah satu hal yang tidak pernah gw lupakan adalah main bola di jalanan sama anak-anak. Berbekal bola plastik dan sendal jepit untuk jadi gawang, jalanan beraspal pun dijabanin buat main bola wkwkwk. Ga peduli kaki kapalan, pulang-pulang kaki berdarah karena jatuh-jatuhan, korengan gara-gara luka dikopek-kopek, ampe dikejar satpam komplek karena main di jalanan jadi cerita yang ga akan terlupakan dari masa kecil.

Walaupun modal pas-pasan dan bubar main kalau ada adzan maghrib, nyatanya permainan yang dikenal juga dengan street soccer ini terkenal juga lho di luar negeri. Bahkan, ada kompetisi antar pemain sepakbola jalanan! Banyak bintang-bintang sepakbola dunia, seperti Diego Costa, Willian, Ibrahimovic, sampai Cristiano Ronaldo berawal dari sepak bola jalanan.  Indonesia pun ga kalah di kompetisi beginian. Beberapa waktu lalu, tim sepak bola jalanan Indonesia berhasil memenangkan ajang Kejuaraan sepak bola Jalanan Internasional TAFISA Games 2016 sob. Keren kan 😀

Tapi sebenarnya gw sendiri penasaran, sebenarnya ada ga sih aturan hukum soal bermain bola dijalanan? Setelah gw cari tahu, rupanya ada banyak aturan yang ngelarang bermain bola dijalanan. Pasal 671 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”) telah mengatur bahwa,

Jalan setapak, lorong atau jalan besar milik bersama dan beberapa tetangga, yang digunakan untuk jalan keluar bersama, tidak boleh dipindahkan, dirusak atau dipakai untuk keperluan lain dari tujuan yang telah ditetapkan, kecuali dengan izin semua yang berkepentingan.

Dari pasal ini, maka bisa dibilang jalanan umum pada dasarnya hanya boleh digunakan untuk tujuan yang seharusnya, yaitu buat jalan orang ataupun buat kendaran bro n sis. So, main bola dijalanan tentunya bukan tujuan yang seharusnya dari jalanan wkwkw. Ga cuma di Indonesia aja sob, di luar negeri pun juga ada larangan main bola dijalanan. Di Spanyol, melakukan kegiatan olahraga atau permainan tidak pada tempatnya akan didenda 100 – 1000 Euro !!!

Terhadap larangan ini, ya pastinya timbul pro dan kontra. Salah satu pemain bola hebat di dunia dari negeri mataddor, Xavi Hernandez, bilang bahwa larangan ini menghilangkan kesempatan anak-anak untuk bisa bermain di jalanan. Tapi ya namanya jalanan buat kepentingan umum, yaa main bola emang harus pada tempatnya. Yaa semoga dari tulisan ini kita diingatkan bahwa ga ada yang ngelarang kita untuk main bola, tapi jangan lupa mainnya di tempat yang seharusnya yaa guys ^^ Kan bisa tuh main di lapangan futsal monas, lapangan kampung, ataupun di RPTRA kalau kalian tinggal di Jakarta. So, inget yee tong, Jangan main bola dijalanan wkwkwk. Peace ^^


Referensi

 

Bagaimana reaksi Kamu tentang artikel ini ?

1 thought on “Ada Gak Sih Aturan Hukum Soal Bermain Bola Dijalanan ?

Leave a Reply