SYRIA CHEMICAL ATTACKS: TINJAUAN DARI PERSPEKTIF HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL


Awal bulan April lalu, masyarakat dunia dikejutkan dengan serangan bom kimia beracun di Idlib, sebuah kota yang diketahui dikuasai oleh kelompok pemberontak di Suriah. Pemerintah Suriah dicurigai sebagai otak di balik serangan yang mengenaskan ini. Sekitar pukul 06.30 waktu setempat, pesawat-pesawat tempur melintasi langit di kota Idlib, dan melepaskan bom-bom yang berisi gas kimia beracun. Gas kimia beracun tersebut jika dihirup, akan menyebabkan kerusakan saraf, sesak nafas, dan dapat berujung pada kematian. BBC melaporkan jumlah korban akibat serangan bom kimia ini adalah 89 orang meninggal (termasuk 33 anak-anak and 18 perempuan) dan 541 lainnya menderita luka-luka.[1] Setelah serangan bom kimia yang terjadi di Suriah mendapat simpati seluruh Dunia, PBB berjanji akan menyelidiki Syria Chemical Attack sebagai kejahatan perang.[2]

Istilah “Hukum Humaniter Internasional” sebagai nama baru pengganti istilah “Hukum Perang” adalah cabang dari Hukum Internasional Publik yang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Hukum Humaniter Internasional merupakan ius in bello atau ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam perang, adapun sumber utama dari Hukum Humaniter Internasional yakni sebagai berikut:

  1. Konvensi-konvensi Den Haag tahun 1907;
  2. Konvensi-konvensi Jenewa tahun 1949; dan
  3. Protokol-protokol tambahan tahun 1977. [3]

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) merupakan salah satu lembaga peradilan yang berwenang mengadili pelaku kejahatan perang. Instrumen hukum yang digunakan oleh ICC dalam memutuskan suatu perkara juga kerap dikatakan sebagai sumber Hukum Humaniter Internasional. Intrumen-intrumen hukum tersebut adalah, Statuta Roma 1998, prinsip-prinsip hukum umum, dan putusan pengadilan sebelumnya.[4] Definisi dari kejahatan perang atau yang kerap disebut sebagai war crimes adalah pelanggaran terhadap Konvensi-konvensi Jenewa 1949 dan hukum kebiasaan yang berlaku dalam konflik bersenjata.[5] Sehingga, selain dari pada Konvensi-konvensi Jenewa 1949, sumber Hukum Humaniter Internasional juga mencakup hukum kebiasaan yang berlaku dalam konflik bersenjata yang dipraktekkan oleh Negara-negara.

Pelarangan penggunaan senjata kimia diatur dalam pasal 8(2) (b)(xviii) Statuta Roma yang mendefinisikan bahwa kejahatan perang mencakup pelanggaran serius terhadap hukum kebiasaan yang berlaku dalam konflik bersenjata internasional, contohnya seperti menggunakan gas beracun. Selain diatur dalam Statuta Roma, pelarangan penggunaan senjata kimia juga telah diakui sebagai Hukum Kebiasaan Humaniter Internasional[6] dan juga diatur dalam beberapa intrumen hukum internasional seperti, Chemical Weapons Convention, the Hague Declaration concerning Asphyxiating Gases dan the Geneva Gas Protocol. Jika kita kaitkan aturan-aturan tersebut dengan apa yang terjadi di kota Idlib, Suriah, maka tentunya serangan bom yang terjadi di kota tersebut jelas merupakan pelanggaran terhadap Hukum Humaniter Internasional. Hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah menyelidiki siapa dalang sesungguhnya di balik serangan bom gas beracun yang mematikan tersebut.

[1] “Syria ‘Chemical Attack’: What we know”, (http://www.bbc.com/news/world-middle-east-39500947), diakses pada 22 April 2017, 13:53WITA.  

[2] “’Chemical attack’ in Syria draws international outrage”, (http://www.aljazeera.com/news/2017/04/chemical-attack-syria-170404195457304.html), diakses pada 22 April 2017, 14:13WITA.

[3] KGPH. Haryomataram, 2012, Pengantar Hukum Humaniter, RajaGrafindo Persada, Jakarta, hal.3.

[4] Statuta Roma, pasal 21(1).

[5] Statuta Roma, pasal 8 ayat (2).

[6] “Rule 74. Chemical Weapons”, (https://ihl-databases.icrc.org/customary-ihl/eng/docs/v1_rul_rule74), diakses pada 22 April 2017, 17:08WITA.


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

SYRIA CHEMICAL ATTACKS: TINJAUAN DARI PERSPEKTIF HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles