HOBI SELINGKUH? YUK BERHENTI!


Tobat merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan jika kalian-kalian tergolong jenis manusia pemilik hobi selingkuh. Selingkuh itu apa sih? Bisa dipidana lho bagi pelaku dan selingkuhannya!

 

Berdasar pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, “selingkuh” memiliki definisi :

Selingkuh :

  1. Suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur; curang; serong;
  2. Suka menggelapkan uang; korup;
  3. Suka menyeleweng.

 

Banyak lho guys alasan orang berselingkuh, tapi yang paling parah itu ketika mereka punya watak “doyan” selingkuh dan enggak pernah mikir sakitnya diselingkuhin!, sebagian dari mereka sadar akan akibat hukum yang dibebankan pada mereka pelaku perselingkuhan tetapi tetap melakukannya, dan sebagian dari mereka melakukan perselingkuhan tanpa mengetahui akibat hukum dari perbuatannya tersebut. Nah apa aja sih hukuman bagi pelaku perselingkuhan dan selingkuhannya?

 

Seperti pepatah, banyak jalan menuju Roma, nah ini nih, banyak jalan juga yang dilakukan oleh para pelaku perselingkuhan. Salah satunya, bagi mereka yang berbuat selingkuh hingga berujung pada perbuatan zina, dapat dikenakan sanksi lho bagi pelaku dan selingkuhannya seperti yang diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (“KUHP”). Dalam KUHP memang tidak diatur secara khusus mengenai istilah perselingkuhan. Disini, kita bisa menggunakan istilah yang ada dalam KUHP terjemahan Prof. Oemar Seno Adji, S.H., yakni istilah mukah (overspel).

 

Perselingkuhan dapat dikategorikan sebagai salah satu delik kesusilaan yang terdapat dalam KUHP pada Bab XIV Buku II yang merupakan kejahatan dan Bab VI Buku III yang termasuk jenis pelanggaran. Salah satu perbuatan yang termasuk dalam kelompok kejahatan kesusilaan meliputi perbuatan zina dan sebagainya yang berhubungan dengan perbuatan cabul dan hubungan seksual, sehingga untuk kasus perzinahan ini dapat dikenakan Pasal 284 ayat (1) angka 1 Bab XIV Tentang Kejahatan Terhadap Kesusilaan dalam KUHP.

 

Menurut pengertian umum, zina adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan atas dasar suka sama suka yang belum terikat oleh perkawinan. Tetapi menurut Pasal 284 KUHP, zina adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang telah kawin dengan perempuan atau laki-laki yang bukan isteri atau suaminya. Supaya dapat dituntut dalam pasal ini, persetubuhan itu harus dilakukan atas dasar suka sama suka, dan tidak boleh ada paksaan dari pihak manapun. Sanksi bagi pelaku dan selingkuhannya yang diatur dalam Pasal 284 ayat (1) angka 1 KUHP yaitu dengan pidana penjara selama-lamanya 9 (sembilan) bulan.

 

Selain melalui sentuhan secara fisik, selingkuh bisa dilakukan melalui media online, seperti facebook, e-mail, atau aplikasi sejenisnya, maupun melalui media elektronik, seperti telepon dan/ atau sms, perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang dilarang dalam Pasal 27 ayat (1) UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”), yang berisi :

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

 

Terhadap perbuatan tersebut dapat diberlakukan ketentuan Pasal 36 UU ITE, yang berbunyi :

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi Orang lain.

 

Mengenai pelanggaran terhadap perbuatan diatas dapat dikenakan hukuman yang tertuang dalam Pasal 51 ayat (2) UU ITE, yang mengatakan :

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

 

Gimana guys setelah tau ada hukuman bagi orang yang berselingkuh, masih mau coba-coba?

 

Peraturan Perundang-undangan :

Sugandi, R., 1981, KUHP Dengan Penjelasannya, Usaha Nasional, Surabaya.

 

Referensi :

http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4f222a6407a2a/selingkuh-via-telepon-dan-e-mail–apa-bisa-dituntut

http://www.sisidunia.com/2015/12/29/awas-ada-ancaman-hukuman-pidana-bagi-pasangan-yang-selingkuh/64848


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
1
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
2
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
CalonSH
Calonsh.com as the biggest Indonesian law students' online forum in Indonesia is ready to give high dedication and contribution to the country in developing of law issues. Through simple and creative content but the ones which are educational and knowledgeable, we share accurate education, information, news and solution of law.

Comments 0

HOBI SELINGKUH? YUK BERHENTI!

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles