loading...

9 September 2017
Gett: Trial Viviane Amsalem
Gett: Trial Viviane Amsalem

Sutradara : Ronit Elkabetz,  Shlomi Elkabetz

Produser : Sandrine Brauer, Rémi Burah, Denis Carot, Michael Eckelt, Shlomi Elkabetz, Marie Masmonteil

Penulis : Ronit Elkabetz, Shlomi Elkabetz

Pemeran : Ronit Elkabetz, Menashe Noy, Sasson Gabai, Simon Abkarian

Mayoritas wanita didunia ini tentunya tidak menginginkan sebuah keretakan rumah tangga. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Viviane Amsalem. Viviane adalah tokoh fiksi dari penggambaran perempuan yang tidak bahagia dengan pernikahannya. Dia sangat ingin “dimerdekakan”.

Film ini diawali dengan cinta romansa antara Viviane dan suaminya. Sepintas Viviane memang terlihat sangat keras kepala. Berkisah tentang perjuangan Viviane Amsalem, seorang perempuan di usia kepala empat yang sudah dikaruniai banyak anak namun tidak bahagia dengan pernikahannya dan sedang dalam proses perceraiannya dengan Elisha Amsalem. Dalam proses perceraian itu, sang suami tidak menghendaki terjadinya perceraian. Dia juga sosok suami yang tidak melakukan KDRT, tidak berjudi, ataupun berselingkuh. Akan tetapi, sang istri tetap ngotot bercerai hingga dihadirkan berbagai saksi dengan berbagai karakter berbeda dan memakan waktu bertahun-tahun lamanya. Hambatan demi hambatan pun dialami Viviane Amsalem saat menggugat cerai suaminya, mulai dari suaminya tidak datang kepengadilan, kentalnya budaya patriarki, kuatnya hukum agama Yahudi yang mempersulit birokrasi di pengadilan hingga puncaknya kebingungan terjadi ketika tidak ada satupun alasan yang jelas untuk perceraian.

Hal yang menarik disini adalah peran Pengacara Viviane yang berusaha sekuat tenaga meyakinkan hakim untuk mengabulkan permintaan cerai Viviane Amsalem. Argumentasi Pengacara Viviane ini begitu menarik karena tidak terdapat satupun alasan yang sebenarnya bisa dipakai Viviane untuk bercerai dari suaminya. Sebab disini alasan perceraian haruslah jelas apalagi menggunakan hukum agama Yahudi yang tidak mengijinkan semudah itu untuk bercerai mengingat perceraian ini diajukan oleh pihak wanita. Namun argumentasi untuk memperkuat perceraian yang diberikan oleh pengacara Viviane begitu apik dan mampu mengubah kebenaran yang sifatnya formal dengan kriteria tertentu seperti: berselingkuh, KDRT atau alasan lazim lainnya diganti dengan kebenaran materiil yang sebenarnya begitu tersirat yang harus dilihat secara cermat untuk bisa menyadari kebenaran tersebut yang akhirnya kebenaran ini dibungkus menjadi konkret yang dikuatkan dengan saksi-saksi yang memberikan keterangan sedikit demi sedikit  seperti kepingan puzzle yang perlahan terpasang namun membuat sebuah perkara terang dan kuat disampaikan dalam pengadilan.

Film ini pun mendapat berbagai macam penghargaan sebagai sebuah film drama Israel-Perancis 2014 yang disutradarai oleh Ronit Elkabetz dan Shlomi Elkabetz. Film tersebut ditayangkan pada sesi Directors’ Fortnight di Festival Film Cannes 2014. Film tersebut juga ditayangkan dalam sesi Sinema Dunia Kontemporer di Festival Film Internasional Toronto 2014. Film Gett ini terpilih sebagai perwakilan Israel untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-87, namun tidak masuk nominasi. Film tersebut juga dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Penghargaan Golden Globe ke-72.

Posted in Movie Review
Write a comment