loading...

28 September 2017
BOOK REVIEW: PENELITIAN HUKUM
BOOK REVIEW: PENELITIAN HUKUM

PENULIS : Prof. Dr. Peter Mahmud Marzuki, S.H., M.H., LL.M
PENERBIT : Prenadamedia Group
TAHUN TERBIT : 2014

Sulitnya membedakan antara Ilmu Hukum dan Ilmu Sosial menjadi suatu tantangan tersendiri bagi calon-calon Jurist masa kini. Ilmu Hukum dan Ilmu Sosial sering kali diartikan sama dalam penerapannya, padahal dari segi sistematika berfikir sangatlah memiliki perbedaan pokok. Bukan hanya satu dua kali campur-aduk pemahaman ini terjadi, tapi sebagian besar dari mahasiswa hukum dan akademisi sampai saat ini masih banyak yang belum bisa membedakan ilmu sosial dan ilmu hukum. Campur aduk pemahaman ini berdampak pada sulitnya pula membedakan antara penelitian sosial dan penelitian hukum itu sendiri. Sering kita sadar atau tidak sadar mendapati bahwa banyak penelitian yang mengaku-ngaku sebagai penelitian hukum padahal dari segi substansi merupakan sebuah penelitian sosial murni. Tentu saja hal ini menjadi penting, sebab penelitian hukum dan penelitian sosial memiliki fungsi yang berbeda, cara berfikir berbeda, dan perolehan data yang berbeda. Awalan dari buku ini menarik, penulis buku ini membeberkan tentang perbedaan kebenaran yang didapatkan dalam penelitian hukum dan penelitian sosial yang merupakan dasar berfikir seorang peneliti. Secara tidak sadar banyak faktor yang sulit membedakan apa itu analisa
hukum dan apa itu analisa sosial. Walaupun secara teori kata “hukum” dan “sosial” memiliki makna yang berbeda, namun secara praktik sulit sekali membedakan antara sudut pandang hukum dan sudut pandang sosial. Dalam buku ini Prof. Peter Mahmud membantu kita sebagai mahasiswa hukum yang ingin melakukan sebuah penelitian hukum dengan membicarakan hal-hal sebagai berikut:
BAB 1 Metode Penelitian dan Pencarian Kebenaran
BAB 2 Karakteristik Penelitian Hukum
BAB 3 Isu Hukum
BAB 4 Pendekataan Dalam Penelitian Hukum
BAB 5 Sumber-Sumber Penelitian Hukum
BAB 6 Langkah-langkah Penelitian Hukum

Buku ini hanya berisi 253 halaman yang mungkin bagi kita terlihat lebih tipis dari kebanyakan buku yang beredar ditoko buku. Namun dengan bentuk yang termasuk ringkas ini, penulis mampu menjelaskan permasalahan dengan begitu detail. Selain itu yang menjadi nilai plus dalam buku ini adalah bahasa dan perumpaan logika yang dipaparkan tidak terlalu sulit dipahami bagi pemula yang mulai menyenangi buku dan logika tentang hukum. Apalagi penulis mampu menerangkan suatu konsep permasalahan dan solusi cara berfikir dengan cara menerangkan langsung pada substansinya yang tidak berbelit-belit seperti buku kebanyakan. Oleh karena itu buku ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa maupun akademisi yang sampai saat ini secara sadar ataupun tidak sadar tertukar cara berfikirnya dengan ilmu sosial lain. Sehingga buku ini sangat baik bagi kita yang sedang belajar mencari tentang makna sejati dari kebenaran hukum dan menentukan apa yang menjadi sikap kita terhadap suatu isu.

 

Posted in Book Review
Write a comment