Sumber Hukum di Indonesia


Sumber hukum adalah segala yang menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa, dan apabila dilanggar mengakibatkan sanksi yang tegas dan nyata. Sumber hukum dibagi menjadi dua, yakni sumber hukum material dan sumber hukum formal.

  1. Sumber Hukum Material dapat ditinjau dari berbagai sudut, misalnya dari sudut ekonomi, sejarah, sosiologi, filsafat, dsb.

Contoh:

Seorang ahli kemasyarakatan (sosiolog) akan mengatakan bahwa yang menjadi sumber hukum adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.

2. Sumber Hukum Formal antara lain:
A. Peraturan Perundang-undangan (statue) Undang-undang adalah suatu peratuan negara yang mempunyai kekuataan hukum yang mengikat, diadakan dan dipelihara oleh penguasa negara. Syarat mutlak berlakunya suatu undang-undang ialah diundangkan dalam Lembaran Negara (LN) oleh Sekretaris Negara. Undang-undang mulai berlaku sesuai dengan tanggal yang ditentukan dalam undang-undang itu sendiri. Jika tidak disebutkan, maka undang-undang itu mulai berlaku 30 hari sesudah diundangkan dalam LN untuk wilayah Jawa dan Madura, dan untuk wilayah lainnya baru berlaku 100 hari setelah pengundangan dalam LN.

B.Kebiasaan (custom) Kebiasaan ialah perbuatan manusia yang tetap dilakukan berulang-ulang dalam hal yang sama. Apabila suatu kebiasaan tertentu diterima oleh masyarakat, dan kebiasaan itu selalu berulang-ulang dilakukan, sehingga tindakan yang berlawanan dengan kebiasaan itu dirasakan sebagai pelanggaran perasaan hukum, maka dengan demikian timbullah suatu kebiasaan hukum yang oleh pergaulan hidup dipandang sebagai hukum.

C.Keputusan Hakim Terdahulu (yurisprudensi)

Yurisprudensi ialah keputusan yang ditetapkan oleh hakim terdahulu pada suatu perkara, dimana perkara tersebut belum diatur di dalam Undang-undang, dan kemudian putusan yang diambil oleh hakim tersebut dijadikan dasar oleh hakim lainnya untuk jenis perkara yang sama dikemudian hari. Ada dua macamm yurisprudensi, yaitu:

(1) Yurisprudensi tetap, artinya keputusan hakim yang terjadi karena rangkaian keputusan serupa dan yang menjadi dasar bagi pengadilan (standard-arresten) untuk mengambil keputusan.

(2) Yurisprudensi tidak tetap, maksudnya ialah putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap, tapi belum mendapatkan uji eksaminasi dan notasi dari tim Mahkamah Agung dan belum memiliki sebuah rekomendasi untuk menjadi yurisprudensi tetap.

D.Traktat (treaty)

Traktat adalah perjanjian internasional yang dibuat antarnegara yang dituangkan dalam bentuk tertentu. Suatu negara juga dapat membuat perjanjian dengan negara lain tanpa harus membentuk traktat. Bagi perjanjian internasional, yang penting dinamakan traktat, sedangkan bagi yang kurang penting digunakan dengan istilah persetujuan. Akibat dari perjanjian ini bahwa para pihak yang bersangkutan terikat pada isi perjanjian yang mereka adakan itu (pacta sunt servanda).

E.Doktrin (pendapat sarjana hukum)

Pengertian doktrin menurut R. Soeroso, doktrin adalah pendapat para sarjana hukum terkemuka yang besar pengaruhnya terhadap hakim dalam pengambilan keputusannya. Seringkali terjadi bahwa hakim dalam memutuskan perkara yang diperiksanya menyebutkan doktrin atau pendapat para sarjana hukum tertentu sebagai dasar pertimbangannya. Sebagai sumber hukum formil doktrin nampak dengan jelas pada hukum internasional, karena secara tegas dinyatakan oleh Mahkamah Internasional dalam Piagam Mahkamah Internasional (Statute of the Internasional Court of Justice

Pasal 38 ayat 1). Yang termasuk sumber hukum internasional adalah:

(1) Perjanjian Internasional

(2) Kebiasaan Internasional

(3) Asas-asas hukum yang diakui oleh bangsa-bangsa yang beradab

(4) Keputusan hakim dan pendapat-pendapat sarjana.


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
1
Damn
Dislike Dislike
1
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
1
WTF

Comments 0

Sumber Hukum di Indonesia

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles