OTT Hakim Pengadilan Tinggi


Kembali terulang kasus korupsi di lembaga peradilan dengan tertangkapnya ketua Pengadilan Tinggi Manado Sudiwardono Jum’at di jakarta (06/10), kasus suap ini melibatkan Anggota DPR dari fraksi Golkar Aditya Anugrah Moha, diduga kasus suap ini untuk mempengaruhi putusan pengadilan banding atas mantan Bupati Bolaang Mongondow Marlina Moha Siahan.

Keterlibatan Kasus korupsi yang terjadi baru baru ini dilingkungan pengadilan bukanlah hal yang baru, tercatat bahwa sudah 17 hakim yang diproses hukum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sejak KPK berdiri dari 2003.

Penanggkapan hakim kali ini harusnya menjadi ajang bersih-bersih dan membenahi integritas hakim yang ada dibawah Mahkamah Agung. Kasus penyuapan ini, sekaligus mengabaikan surat maklumat yang dikeluarkan ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Maklumat Ketua MA No. 01/Maklumat/KMA/IX/2017.

Maklumat ini dikeluarkan pada tanggal 11 september dan dibacakan 14 september oleh juru bicara MA Suhadi, dikelurkannya Maklumat ini menysul serangkaian penangkapan hakim, selang 23 hari maklumat ini dikeluarkan berita pengkapan terhakim kembali mencuat dipermukaan.

Pada Maklumat Ketua MA disebutkan “memastikan tidak ada lagi hakim dan aparatur yang dipimpinnya melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa, kehormatan, dan martabat Mahkamah Agung dan Badan peradilan di bawahnya” Penanggkapan hakim yang terus terulang harusnya menjadi ajang bersih-bersih dan membenahi integritas hakim yang ada dibawah Mahkamah Agung. Ketegasan pimpinan Mahkamah Agung dipelukan dalam memberantas mafia peradilan untuk menjaga kepercayaan publik.

Oleh karena itu, MA perlu mengambil langkah strategis selain membentuk tim khusus dibawah Badan Pengawasan MA. Salah satunnya adalah bekerja sama dengan Komis Pemberantasan Korupsi dan Komisis Yudisial memetakan jaringan mafia peradilan untuk memerangi korupsi peradilan (kompas, 09/10/2017)


What's Your Reaction?

Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Like Like
0
Like
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF
ahmad kowi

tempat lahir : Jakarta
tanggal lahir: 27-Agustus-1995
mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Comments 0

OTT Hakim Pengadilan Tinggi

log in

Become a part of our community!

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join BoomBox Community

Back to
log in
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles