MENENGOK STRATEGI HONGKONG MEMBERANTAS KORUPSI

www.nytimes.com

Kantor pusat Komisi Independen Anti Korupsi di Hong Kong. Badan ini membantu Hong Kong mendapatkan reputasi pemerintahan yang bersih dan efisien | Alex Hofford/European Pressphoto Agency-www.nytimes.com

Bicara soal korupsi, tampaknya masih menjadi persoalan serius bagi negara-negara di dunia. Tidak ada negara yang kebal dari korupsi. Hanya kadar korupsinya yang berbeda di masing-maisng Negara. Berdasarkan Corruption Perceptions Index 2016, tampak bahwa sebagian besar negara di Asia, termasuk Indonesia, menduduki peringkat yang cukup rendah. Sejauh ini, Indonesia hanya mampu mendapatkan score sebesar 37 dan berada di peringkat 90.

Berbeda halnya dengan Indonesia, Hong Kong lebih unggul 40 poin dan menduduki peringkat 15. Hong Kong merupakan contoh terbaik di dunia yang berhasil mentransformasikan diri dari status Negara “terkorup” di dunia sekitar tahun 1960 menjadi pemerintahan yang bersih di sekitar tahun 1970. Hong Kong berhasil mempertahankan peringkat yang konsisten sebagai salah satu wilayah “terbersih” di dunia sejak 1980 dan bertahan selama beberapa dekade.

Dari sini lantas muncul pertanyaan : bagaimanakah Hong Kong bisa bangkit dari keterpurukannya melawan korupsi?

Keberhasilan Hong Kong dalam memberantas korupsi tidak terlepas dari peran Independent Commission Against Corruption (ICAC) sebagai model dari badan anti korupsi yang paling efektif dan ingin ditiru oleh banyak negara di dunia. ICAC dibentuk pada 15 Februari 1974 dalam rangka mengatasi masalah serius korupsi di Hong Kong. Saat itu korupsi membudidaya bagi masyarakat Hong Kong, terutama pihak kepolisian. Terjadi kewajiban setoran regular dari sindikat narkotika kepada kepolisian untuk mengamankan operasi sindikat narkotikanya. Keuntungan yang diperoleh dari para sindikat akan dibagi dari atas sampai ke bawah di jajaran kepolisian secara hierarkis. Selain itu, penyuapan pun marak terjadi terhadap pihak kepolisian terhadap pelanggaran lalu lintas.

Salah satu faktor yang mendorong keberhasilan ICAC dalam memberantas korupsi adalah ICAC yang bersifat independen dan langsung bertanggungjawab kepada posisi tertinggi di Hong Kong, yaitu Chief Executive. Hal ini menunjukan adanya political will pemerintah dan mendorong tidak adanya intervensi berupa apapun.  

Leave a Reply